Cara Mencairkan Cek BCA, Teliti dengan baik


Cara Mencairkan Cek BCA – cek merupakan surat perintah tidak bersyarat untuk membayar sejumlah dana dari nasabah kepada bank penyimpan dana dan dapat dilakukan baik atas nama atau atas unjuk serta berlaku sebagai surat berharga yang dapat dipindah tangankan. Cek bisa digunakan sebagai pembayaran non tunai, yang sangat simple, karena anda tidak perlu untuk membawa uang tunai untuk membayar sejumlah tagihan.





Jenis – jenis cek





Cek sendiri memiliki 2 jenis yang memiliki perbedaan cukup signifikan, tentunya nada harus mengenal kedua jenis cek ini.





1.Cek atas nama





Yaitu cek yang mencatumkan nama penerima dana dan bank akan membayar sejumlah dana kepada nama yang tertera didalam cek tersebut.





mencairkan cek bca

cek atas nama, ditulis nama penerima dana




2.Cek atas unjuk





cek atas unjuk tidak ditulis nama penerima dana




Yaitu cek yang tidak mencatumkan nama penerima dana dan bank akan membayar sejumlah dana kepada orang yang membawa cek tersebut.





Syarat sah sebuah cek





agar sebuah cek dianggap sah dan bisa dicairkan, maka harus mengandung syarat - syarat formal agar diakui oleh bank, jika anda penerima cek BCA, lebih baik teliti terlebih dahulu semua komponen dibawah ini sebelum beranjak dari pemberi cek.





mencairkan cek bca
syarat sah sebuah cek agar bisa cair




a. Terdapat tulisan cek
b. Perintah tak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentu dalam bentuk angka dan nominal
c. Nama bank tertarik yang harus membayar dana
d. Penunjukan bank yang harus membayar, bank dimana si pemberi cek membuka rekening.
e. Penulisan tanggal dan tempat cek di buat
f. Tanda tangan yang menerbitkan cek





Baca juga :













Itu adalah syarat mutlak dari sebuah cek, jika ada satu komponen saja yang tidak benar dalam penulisan, maka cek akan di tolak dan tidak bisa cair, perlu juga diigat bahwa masa penawaran cek atau masa dimana anda harus segera mencairkan cek adalah 60 hari, sedangkan cek akan benar benar tidak berguna setelah 6bulan.





Cara mencairkan cek BCA





Ketika anda menerima cek bank bca, lebih baik sebelum meninggalkan tempat sipemberi cek, anda harus mengecek smeua komponen yang saya sebutkan diatas, karena jika salah bisa langsung dikoreksi disitu, setiap koreksi atau penebalan huruf jangan lupa untuk memindah dibubui tanda tangan, jiak cek yang sudah anda terima benar benar sudah betul, kini saatnya anda mencairkannya





  1. Menuju ke bank BCA
  2. Menulis slip cek
  3. Antri diteller,
  4. Serahkan cek ke teller , teller akan memverifikasi penerima cek dan penerbit cek
  5. Anda akan menerima uang tunai.




Mencarikan cek di bank berbeda





Selain mencairkan cek BCA di bank BCA, anda juga bisa mencairkan cek di bank yang berbeda, prosedurnya sama, namun jika anda mencairkan di cek di bank yang berbeda dari penerbit cek, maka akan dilakukan proses kliring terlebih dahulu, biasanya 3 hari





Demikianlah cara untuk mencairkan cek bca semoga bermanfaat bagi pembaca


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencairkan Cek BCA, Teliti dengan baik"

Posting Komentar