Telat bayar Angsuran KPR BTN,ternyata segini dendanya!!


Telat bayar angsuran kpr btn - PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk merupakan salah satu Bank milik pemerintah yang ditunjuk untuk melaksanakan program Kredit Pemilikan Rumah, dan secara khusus menangani masalah pembiayaan perumahan melalui penyaluran kredit pinjaman yang bersyarat dan berjangka, yang kemudian disebut dengan KPR.





Permasalahan yang muncul adalah debitur melakukan wanprestasi dalam pembayaran angsuran, terlambat membayar, dan tidak melaksanakan sebagaimana mestinya.





denda kekurangan bayar KPR Rumah,Saat mempunyai mimpi memiliki Rumah melalui pembiayaan KPR di bank BTN , lebih baik ditimbang timbang seberapa kemampuan finansial kita, karena KPR BTN umumnya berjangka 15 tahun, dan 15 tahun bukan waktu yang singkat,





akan banyak sekali berubahan ekonomi dalam diri anda selama kurun waktu tersebut, jangan sampai nantinya pembayaran angsuran sering telat karena ekonomi yang kurang,anda akan kena denda telat bayar angsuran KPR, yang tentunya besarannya berbeda beda dari bank BTN dengan bank lainnya.





Keterlambatan pembayaran angsuran KPR akan berakibat paling buruk adalah pencabutan fasilitas pembiayaan oleh bank BTN atau dengan kata lain rumah kita akan disita oleh bank tersebut, sebenarnya berapa besar sih denda telat bayar anggsuran ini?





saya sendiri mencoba untuk berkomunikasi dengan CS bank BTN untuk menanyakan tentang mekanisme penjatuhan denda angsuran ini, secara sistem angsuran KPR BTN saya adalah auto debet tiap tanggal 7 pada tiap bulannya, auto debet berarti bank akan langsung manarik dengan sendirinya uang yang ada di rekening bank  BTN saya, tanpa pemberitauhuan setiap bulannya. bank BTN hanya akan memberitahu jika uang di rekening tersebut tidak ada.





setelah saya bertanya ke bank BTN ternyata begini jawabanya.





telat bayar angsuran kpr
denda terlambat bayar kpr btn




dari percakapan tersebut diterangkan bahwa " denda telat bayar angsuran KPR BTN adalah 2,5% tiap bulannya"





namun saya belum paus untuk bertanya kembali tentang bagaimana jika telatnya harian?





Tanggal Pendebetan KPR BTN.





AUTO DEBET bank BTN akan menarik uang di tanggal 7 Tiap bulannya, jika pada tanggal 7 tadi saya belum punya uang dan baru mengisi rekening BTN di tanggal 20, apakah 13 hari telat tersebut sudah termasuk kena denda.





tenyata telat harian yang saya maksud diatas tidak terkena denda, karena masih dalam bulan yang sama.





Baca Juga : Begini cara cek sisa kredit KPR BTN





anda akan kena denda telat bayar angsuran jika sudah melewati awal bulan yang berbeda.





Perhitungan denda telat bayar Cicilan KPR BTN





supaya lebih jelas dan semakin jelas, coba kita kasih contoh besaran denda telat bayar angsuran ini dengan contoh berikut.





Angsuran KPR =RP.2,5000,000
Denda telat       = 2.5 %
jumlah denda   = 2.500.000x 2,5% = Rp.62.500





begitulah cara menghitung besar denda jika anda telat membayar angsuran KPR BTN tadi, sebenarnya anda juga tidak perlu hitung menghitung jumlah denda jika telat bayar KPR, di mesin ATM bank BTN sendiri ada fasilitas untuk melihat besaran denda telat bayar KPR dengan cara ;





Mengetahui besaran denda telat bayar KPR





untuk mengetahui besarnya denda keterlambatan perbayaran KPR dalam hitungan bulan, maka anda juga bisa memanfaatkan fasilitas di mesin ATM untuk melihat secara real besaran denda keterlambatan bayar KPR, berikut ini caranya.





1. Pilih menu pembayaran
2. Pilih menu informasi KPR
3. Masukkan nomor debitur





nominal denda akan tertera pada layar jika anda memiliki denda keterlambatan




Selanjutnya monitor akan menampilkan sisa angsuran beserta dengan jumlah denda anda.





Baca juga : Cara membuat rekening bca beda domisili





Batas tunggakan KPR BTN





untuk batas tunggakan kpr BTN umunya 3 bulan tidak membayar berturut turut maka pihak bank akan melayangkan surat teguran ketiga disertai surat segel.





namun meskipun sudah ditempel surat segel anda masih bisa melakukan pengurusan tunggakan di kantor bank btn tempat akad, biasanya masih ada masa tenggang selama 3 bulan berikutnya sampai rumah benar benar disita sepenuhnya oleh bank





Demikian adalah cara yang bisa anda lakukan untuk meghitung jumlah denda jika telat bayar angsuran KPR bank BTN, semoga bisa membantu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Telat bayar Angsuran KPR BTN,ternyata segini dendanya!!"

Posting Komentar